IBX592EBFFC8DD85

Ketahui Untung dan Rugi Melakukan Perjanjian Pranikah


Sebagian orang mungkin masih asing dengan perjanjian pranikah, sedangkan sebagian yang lain merasa hal tersebut agak tabu untuk dilakukan. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada yang melakukan. Di luar negeri, hal tersebut sudah menjadi hal yang biasa, di Indonesia sendiri banyak juga kalangan selebriti yang melakukan perjanjian pranikah demi kesejahteraan hidup kedua belah pihak dan mencegah konflik di masa depan. Tentu saja jika dilakukan dengan benar, perjanjian seperti ini sangat menguntungkan, tetapi di sisi lain juga memiliki dampak negative sendiri.

Ketahui Untung dan Rugi Melakukan Perjanjian Pranikah

Keuntungan Perjanjian Pranikah
Ada beberapa hal yang bisa didapat seseorang dari perjanjian pranikah, salah satunya adalah kehidupan rumah tangga yang lebih tertata. Maksudnya adalah perjanjian ini membuat harta suami dan istri menjadi lebih jelas, sehingga ketika ada hal yang tidak diinginkan seperti perceraian, keduanya tidak perlu bingung untuk membagi harta.

Bukan hanya itu, kejelasan hak dan kewajiban suami istri juga dapat diatur dalam perjanjian ini. Bahkan istri yang tidak ingin suaminya poligami sesudah menikah nanti, dapat membuat kesepakatan dengan perjanjian pranikah.

Kemudian, karena harta masing-masing atas nama sendiri-sendiri, maka untuk masalah hutang pun dapat diselesaikan tanpa melibatkan pihak lain. Misalnya saja, suami meminjam uang ke bank dengan jumlah yang sangat besar, kemudian tidak mampu mengembalikannya karena satu dan lain hal sehingga harta harus disita karena dijadikan jaminan. Maka, harta istri akan tetap aman karena tidak masuk ke dalam harta suami. Dengan begitu keluarga Anda masih memiliki simpanan harta yang dapat digunakan untuk melanjutkan hidup.

Dikarenakan harta yang terpisah itu pula, baik istri dan suami dapat membangun bisnis atas nama mereka sendiri-sendiri, bukan atas nama satu orang. Hal ini membuat Anda juga dapat melakukan pinjaman ke bank dengan nama masing-masing.

Kerugian Perjanjian Pranikah
Akan tetapi, meskipun perjanjian pranikah terlihat sangat menguntungkan, masih ada terselip kekurangan di dalamnya. Salah satunya adalah menimbulkan sikap egois pada salah satu pihak. Terutama pada pihak yang memiliki harta lebih banyak, karena bisa saja hal tersebut membuat pihak tersebut jadi seenaknya untuk menggunakan hartanya.

Oleh sebab itu, meskipun ada perjanjian pranikah, kedua belah pihak tentu harus tetap menjalankan kehidupan suami istri selayaknya pasangan pada umumnya. Di mana suami tetap menghidupi anak dan istrinya sebagai mana mestinya. Begitu pula dengan istri, jika istri yang bekerja maka dia tetap harus memperhatikan kesejahteraan suami beserta anak-anaknya.

Perjanjian ini juga sering disangkutpautkan dengan ketakutan berlebihan akan pernikahan, sehingga bisa saja ada salah satu pihak yang merasa paranoid sendiri dengan perjanjian yang sudah dilakukan. Inilah mengapa, untuk membuat perjanjian tersebut harus dibicarakan dengan baik terlebih dulu. Poin-poin dalam perjanjian harus disepakati kedua belah pihak tanpa suatu paksaan.
Ketahui Untung dan Rugi Melakukan Perjanjian Pranikah | Putri | 5