IBX592EBFFC8DD85

Tips Memilih Baju Batik untuk Anak Perempuan


Tips Memilih Baju Batik untuk Anak Perempuan - Batik adalah warisan budaya Indonesia yang memiliki perpaduan nilai dan seni yang sangat tinggi. Dalam penyebaran batik ada makna filosofis dan simbol yang berarti yang menunjukkan cara berpikir orang-orang yang membuatnya. Batik adalah kerajinan yang telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, terutama di Jawa sejak dahulu kala.

Seiring perkembangan zaman, motif batik semakin beragam. Tidak hanya orang dewasa, Baju Batik juga digemari oleh banyak anak, baik laki-laki maupun perempuan. Saat ini ada banyak model pakaian batik anak perempuan dengan berbagai warna dan pola yang tersedia. Pola batik untuk anak perempuan biasanya didominasi oleh motif binatang, tanaman, atau karakter kartun terkenal.

Warnanya juga menyesuaikan dengan karakter anak-anak yang suka warna-warna ceria. Namun demikian, Anda tidak dapat membeli batik cewek dengan sembarangan. Perlu memperhatikan beberapa faktor agar pakaian yang dipilih selalu nyaman dipakai. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih pakaian batik yang cocok untuk anak perempuan.

Tips Memilih Baju Batik untuk Anak Perempuan

Kualitas bahan
Pilihan model baju batik harus dipertimbangkan dengan cermat sebelum membelinya. Anak-anak cenderung cepat berkeringat karena mereka sering bergerak. Jadi pilihlah bahan yang lembut, tidak panas, dan menyerap keringat agar tidak mengganggu aktivitas anak Anda.

Bahan yang paling direkomendasikan dan cocok untuk anak-anak adalah kapas. Bahan ini memiliki kelebihan yang mudah diaplikasikan dengan motif apa pun termasuk batik. Keuntungan kain katun adalah seratnya tidak cepat pudar sehingga tidak mudah rusak.

Bahan alternatif yang baik untuk pakaian anak-anak selain kapas adalah wol ringan. Bahan ini sangat ringan dan memiliki kesan jatuh sehingga anak Anda akan terlihat cantik jika Anda menggunakan gaun dengan bahan ini. Sama seperti kapas, wol juga memiliki sifat yang tahan lama dan tidak mudah rusak.

Anda juga bisa memilih acrilite sebagai bahan untuk pakaian yang cocok untuk anak-anak. Karena bahannya sangat ringan dan cocok untuk membuat semua jenis pakaian anak-anak.

Apa yang Harus di Perhatikan Saat Memilih Baju Batik?

Model pakaian
Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan dalam memilih baju batik seorang gadis adalah model atau desain pakaian. Desain yang dipilih sederhana sehingga tidak mengganggu aktivitas anak. Seperti kita ketahui banyak anak yang gemar berlari aktif menyebabkan keringat. Pilihan aksesori yang berlebihan tidak disarankan untuk anak-anak. Lebih baik fokus memilih model yang cocok untuk dikenakan oleh anak Anda.

Desain baju batik terkadang sering dipadukan dengan campuran bahan lain. Karena itu, pastikan jenis kain yang dipilih tidak menimbulkan alergi.

Pilihan warna
Warna juga dapat mempengaruhi kualitas mode anak-anak. Anda harus memperhatikan warna favorit anak. Banyak anak-anak suka warna-warna cerah, tetapi juga pastikan untuk mencocokkannya dengan warna kulit. Warna pakaian yang dipilih harus dipadukan dengan warna kulit agar terlihat cantik.

Misalnya, jika seorang anak memiliki kulit cokelat, pakaian yang cocok untuk digunakan berwarna cerah dan memiliki motif besar. Hal yang harus dihindari adalah tidak diperbolehkan memilih warna krem ​​karena akan menimbulkan kesan lusuh saat digunakan oleh anak-anak.

Hati-hati dengan pakaian pasangan ibu dan anak
Banyak ibu yang ingin menggunakan pakaian yang sama dengan anak-anaknya. Namun perlu diingat bahwa boleh saja memilih motif yang sama, tetapi motif dan desainnya harus sederhana agar tidak mengganggu gerakan anak saat memakai baju batik.
Tips Memilih Baju Batik untuk Anak Perempuan | Putri | 5